Friday, September 11, 2009

Jew dan Jawa

Seorang ada yang pernah bertanya "Adakah yang tahu, hubungan antara nama 'Jewish' dengan
'Jawa'...? Mengapa pula ada bahasa pemrograman 'Java'...?"


Karena yg. penemunya itu orang keturunan jawa, atau paling tidak sangat cinta dg. kopi dari jawa. Tiap malam dia begadang bikin program sambil minum kopi tubruk mas parto di Banyumas. :-)


Selain Java sbg. programming language, ada tool "Gamelan", ada suite "Jakarta" (see: http://jakarta.apache.org/). Ada juga "JavaBeans". Sayangnya, semuanya ditemukan bukan oleh orang Indonesia, dan asosiasi namanya selalu ke "kopi" (memang "Gamelan" & "Jakarta" ada hubungannya dengan kopi?). Indonesia tidak ikut tenar dengan penggunakan nama2nya. Mestinya nama2 di Indonesia di-patent-kan, biar orang tidak sembarangan menggunakan.

Yg. jelas, kata "jawa" tidak ada hubungannya dengan kata 'Jew'. Jew itu khan kalau dalam bhs Inggris, dalam bahasa jerman "Jude", arab: "Yahudi", hebrew: Yehudi, perancis: "Juif", latin: ieudeus. Semuanya berakar dari aramaik (!) atau hebrew: Yahuda/Yehudi atau Yudah atau Judas. Sebelum nama "jawa" ditemukan, sudah ada kata "jew" (mungkin dalam bhs. inggris kuno/latin, tapi mirip2lah). Kata "Jawa" bukannya dari kata sanskerta "java dvipa"?. Ada yg. bilang "jawa" itu kependekan dari nama tanaman "Jawawut". Ada yg. lebih tahu?

No comments: