Friday, September 11, 2009

Asal-usul Suku-bangsa

Beberapa waktu lalu saya sempat jalan-jalan ke California Academy of Science di San Francisco. Satu hal yg. sangat menarik perhatian saya adalah peta "gene mapping" perjalanan manusia di bumi. Di peta tsb. disebutkan "mitochondrial Eve" lineage (Siti Hawa "Mitrokondria" ) yang traceable dan dimulai dari suatu tempat di sekitar negara Somalia/Ethiopia 200 kya (kilo-years- ago). Migrasi kemudian bergerak ke arah timur-tengah (tepatnya di sekitar Palestina-Israel) . Dari sini sebagian menyebar ke eropa, sebagian menyebar ke Iran, India, Cina dan asia tenggara lainnya. Penduduk australia berasal dari Indonesia (!), sementara migrasi penduduk rusia dan cina utara ke arah Amerika utara dan kemudian Amerika selatan.

Tidak semua pembuktian antropologi dapat dilakukan dengan gen, tentu saja.
Soal bangsa Israel, mereka keturunan Izrel (atau Izrael) anak dari Yehudah (atau Yudah atau Yudas) anak ke-4 dari Ya'qub A.S.

Di Encylopaedia of Britannica:

"The term Jew is thus derived through the Latin Judaeus and the Greek Ioudaios from the Hebrew Yĕhūdhī. The latter term is an adjective occurring only in the later parts of the Old Testament and signifying a descendant of Yehudhah (Judah), the fourth son of Jacob, whose tribe, together with that of his half brother Benjamin, constituted the Kingdom of Judah."

Kalau mau lebih detil, bisa lihat literatur sejarah dan antropologi timur-tengah dan arab. Di situ malah family-tree dari Ibrahim sampai beberapa generasi dituliskan (lengkap dengan sejarah, tahun lahir dan lain-lain). Knowledge is edgeless, we just need to keep learning!

No comments: