Friday, September 11, 2009

Buah Anggur

Memang betul bahwa wine dalam kadar moderat positif buat jantung. Tapi buat saya pribadi, karena alasan agama yg. melarang minuman beralkohol (kalo dalam Al-Qur'an, disebutkan arak punya dampak positif juga, tapi negatif [mudharat]nya lebih besar), saya pilih buah anggur merah/gelap (jangan pilih yang ijo, efeknya kurang). Toh, efeknya kurang-lebih sama (http://www.mayoclinic.com/health/food-and-nutrition/AN00576).

Mengenai orang Perancis lebih slim, apa mungkin juga karena diet mereka lebih baik? (jadi ingat film Ratatouille...). Diet orang-orang amerika banyak yg. junk food, belum lagi porsinya, yang kate orang betawi, "naujubile" (1 porsi mereka bisa buat 2-3 orang Indonesia).

Lagipula, buah anggur tidak bikin mabuk, jadi bisa lebih selamat kalau lagi nyetir (kecuali kalau nyetirnya sambil makan buah anggur :-). Yang saya belum pernah dengar dampak positif/negatifnya adalah Balsamic Vinegar (cuka merah). Balsamic vinegar ini hasil fermentasi alami red wine menjadi cuka (menjadi halal). Apakah efeknya serupa?

No comments: