Tuesday, May 03, 2011

Kuk Sool Won

Kalau Aikido, Kempo, Taekwondo, Karate, Judo, Jujitsu, Wushu, pencak-silat,dll. mungkin banyak yg. kenal/pernah mendengar.

Tapi ada satu bela-diri yang (mungkin) tidak dikenal dan terdengar di Indonesia (apalagi Israel :-), yaitu Kuk Sool (atau Kuk Sool Won).  Beladiri "soft-hard" asal Korea ini sdh berumur 3000+ tahun dan merupakan perpaduan dari semua beladiri Korea (Taekwondo, Hapkido, Tang Soo Do, dll.),Jepang (Jujutsu, Judo, Aikido, dll.), dan Cina (Wushu) dan terdiri dari ribuan jurus (sampai Dahn 9 pun masih belajar terus).  Beladirinya sangat lengkap: dari tangan kosong, memakai segala jenis senjata (nunchuck, toya, pedang, lempar pisau, memanah, dll.), jurus2 binatang, pertarungan melawan binatang-buas, sampai ilmu totok (pressure points), tenaga dalam (Ki) dan pengobatan (spt. baca silat Kho Ping Hoo saja :-).

Perguruan ini didirikan oleh Suh In-Hyuk, seorang Korea yg. pada dirinya masih mengalir darah kaisar Korea, yang berguru ke ratusan perguruan silat dan segala ilmu bela-diri Jepang, Korea dan Cina sejak tahun 50'an, selain dari kakeknya yang memelihara ilmu beladiri rahasia keluarga Hyuk.  Tahun 1974 dia migrasi ke US dan mendirikan WKSA (World Kuk Sool Association).  Saya sempat ketemu grandmaster (mahaguru) ini.  Orangnya sdh 70'an lebih, tapi tampak sehat, awet muda dan masih kekar euy.  Benar2 sosok pendekar dan "suhu" (shifu) beladiri.  Menurut websitenya, Suh In Hyuk ini sangat ahli dalam ilmu-totok (pressure points), selain Ki (tenaga dalam/lwee keh).

No comments: