Saturday, June 12, 2010

Kufur Nikmat

Jangan spt. paman Gober (uncle Scrooge) yg. menimbun harta dan pelit, tp. 
jangan juga SPT. satu orang di kantor saya dulu, pas di zaman dotcom booming yg. stock optionnya melonjak dari beberapa sen ke $80, duitnya ditangan baru seberapa (katanya dia bakal jd milyuner), tp. sdh beli mobil mewah (kredit lagi) dan gambling tiap minggu.  Ujung2nya jadi tukang parkir.

Merasakan apa yg. telah dihasilkan termasuk syukur nikmat, sementara orang2 yg. menghitung-hitung hartanya dan pelit (termasuk buat dirinya sendiri) termasuk kufur nikmat.

Kata2 mutiara dari Imam Ali bin Abu Tholib KWh bagus buat direnungkan:

"Seorang yg. tamak akan tidak dihormati, seorang yg. selalu mengungkapkan kesusahannya selalu dihina; orang yg. tidak dapat mengendalikan  lidahnya akan sering menghadapi ketidaknyamanan"

atau:

"Keserakahan itu hina; kepengecutan itu cacat; kemiskinan sering mematikan (pikiran) seorang yg. cerdas, seorang  yg miskin itu orang  asing di kotanya; ketidakberuntungan dan tanpa harapan adalah bencana; kesabaran adalah bentuk keberanian; melepaskan diri dari keterikatan dengan dunia yg. fana adalah kekayaan terbesar; welas-asih adalah senjata terbaik dalam bela diri"

No comments: