Saturday, June 12, 2010

Asal-Muasal Kata

Konon, kata "California" juga berasal dari kata spanyol yg. dipengaruhi bhs. arab (maklum pernah dikuasai 7.5 abad): "Kal-furnia" (Kal = seperti, Furnia = tungku), karena menurut cerita orang2 spanyol tsb. terdampar di Death Valley di Selatan California yg. suhunya "naujubile" panasnya.
Serunya lagi, beberapa kota dan jalan di AS bernama "Medina" (nama county di Ohio), "Macca" (satu kota di California), "Lebanon" (Ohio), bahkan jenderal tertinggi (bintang 5) angkatan darat AS di PD II yg. terkenal itu bernama "Umar" (Gen. Omar Bradley).

Melihat tapak-tilas sejarah bahwa beberapa suku asli Indian AS juga bernama2 muslim bahkan sempat berpakaian muslim (jilbab dsb.) dan kenyataan bahwa satu bapak pendiri negeri AS, Thomas Jefferson, memiliki Al-Qur'an, kemungkinan besar umat Islam telah menginjak negeri baru sejak lama, spt. halnya revisi sejarah masuknya Islam yg. mutakhir menyatakan para saudagar dari timteng dan Iran yg. telah mengunjungi Indonesia seribu tahun yg. lalu (lebih lama dibandingkan munculnya Samodra Pasai).

No comments: