Saturday, June 12, 2010

Jangan Banyak Bertanya

Quran 5:101-102

101. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menanyakan (kepada Nabimu) hal-hal yang jika diterangkan kepadamu akan menyusahkan kamu dan jika kamu menanyakan di waktu Al Quran itu diturunkan, niscaya akan diterangkan kepadamu, Allah memaafkan (kamu) tentang hal-hal itu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun.

  

Sahih Bukhari. Vol 8, kitab 73. (Akhlak dan Al-Adab). Hadith 006.
Diriwayatkan oleh Al-Mughira : Nabi bersabda, "Allah telah melarangmu (1) durhaka kepada ibumu (2) menyimpan sesuatu (yg mestinya engkau berikan) atau (3) meminta (sesuatu yg. engkau tidak patut menerimanya), dan (4) mengubur anak perempuanmu hidup2, dan Allah tidak menyukai (A) berbicara terlalu banyak tentang orang lain (B), bertanya terlalu banyak (dalam urusan agama), atau menghambur-hamburkan hartamu."

Sahih Muslim. Kitab  30. Kualitas utama Nabi dan para shahabatnya. Hadith 5818.
Abu Hurairah meriwayatkan bahwa ia mendengar Rasulullah SAW bersabda: Hindari apa yang aku larang kalian melakukannya dan lakukan apa yang aku perintahkan kalian untuk mengerjakannya semampu kalian. Sesungguhnya bangsa2 sebelum kalian binasa karena mereka terlalu banyak bertanya kepada para nabi mereka dan tidak setuju dengan ajaran2 beliau.

No comments: