Saturday, January 10, 2009

Siapa itu bani Israel?



Soal bangsa Israel, mereka keturunan Izrel (atau Izrael) anak dari
Yehudah (atau Yudah atau Yudas) anak ke-4 dari Ya'qub A.S.

Di Encylopaedia of Britannica:

"The term Jew is thus derived through the Latin Judaeus and the Greek Ioudaios from the Hebrew "Yahudhi". The latter term is an adjective occurring only in the later parts of the Old Testament and signifying a descendant of Yehudhah (Judah), the fourth son of Jacob, whose tribe, together with that of his half brother Benjamin, constituted the Kingdom of Judah."

Dari aturan "Halakha" (UUresmi Yahudi tempo dulu/orthodoks/konservatif), seorang hanya boleh diakui berdarah yahudi jika ibunya atau kedua orang-tuanya berdarah yahudi. Aturan ini telah ribuan tahun dianut bangsa Israel (ref: "Jewish Mind" [Patai, Raphael]). Karena ketatnya aturan siapa-itu-yahudi, maka sulit orang bukan yahudi mengaku berbangsa yahudi (kecuali terakhir-akhir ini). (Raphael Patai adalah salah satu antropolog top dalam soal arab/yahudi. Bukunya "Jewish Mind" & "Arab Mind" menjadi standar buku di Pentagon buat tentara yg. dikirim ke Timteng. profile pengarang: http://en.wikipedia.org/wiki/Raphael_Patai)

Di dalam buku "Jacob's Legacy: A Genetic View of Jewish History" karya David B. Goldstein (pakar genetika) pernah melakukan riset gen yahudi dan menemukan keserupaan yg. sangat mirip, dan juga keterkaitan dg. Yacob (nabi Ya'kub). (profile si pengarang: http://www.genome.duke.edu/people/faculty/goldstein/)

Di buku "DNA and Tradition: The Genetic Link to the Ancient Hebrews" [Yacob Kleiman: Devora Publishing, 2004], disebutkan bahwa kohanim (satu kelompok di bangsa Yahudi, keturunan Kohen/Cohen) terbukti secara genetik keturunan dari Aaron (nabi Harun). Dari riset DNA yg. dilakukan si pengarang (seorang pendeta Yahudi dan genetis), ditemukan bahwa 98.5% orang2 kohanim yg.ditest (sampelnya dari Israel, Inggris dan Amerika Utara), ditemukan memiliki tanda YAP (Y-chromosom Alu Polymorphism) yg. hampir identik (saya kurang paham ilmu genetika apa maksudnya YAP ini). Di bab 5 buku ini dibahas juga definitif apa itu suku "Yehuda" dan Levi"

Yang masih kontroversial adalah suku Ashkenazi (group dalam bangsa yahudi). Sebagian kercerdasan (kejeniusan) keturunan suku ini berada di dalam DNA mereka, sementara antropolog dan pakar genetik lainnnya menyangsikannya. Mereka masih melakukan riset berkenaan dengan ini. FYI, mayoritas pemenang nobel ket. yahudi dan ilmuwan top dunia lainnya berdarah Ashkenazi.

Berikut ini peta perjalana "gene mapping" manusia.

No comments: