Tuesday, July 25, 2006

Heatwave

Beberapa hari terakhir ini negeri bagian California dilanda gelombang panas (heatwave) yang sangat tinggi. Suhu di luar mencapai 3 digit (di atas 100 derajat Fahrenheit, atau diatas 34 derajat Celsius). Berdasarkan berita di news.yahoo.com hari ini, telah 29 orang korban meninggal terkena sengatan panas. Di kota Santa Rosa yang berjarak sekitar 50 mil dari San Francisco saja temperatur di hari Sabtu mencapai sekitar 106 F.

Memang luar biasa panas musim panas tahun ini. Karena panas, kantor-kantor dan rumah-rumah memasang mesin pendingin hampir non-stop dan menyebabkan lonjakan pemakaian tenaga listrik melebihi 57 TW (Tera Watt, atau 57,000 Mega Watt!). Energi sebesar ini kalau di Indonesia mungkin cukup untuk mendayai 100 kota sebesar kota Jakarta!

Karena sangat tingginya pemakaian listrik, perusahaan listrik PG&E dan pemerintah negara California berencana untuk mengadakan pemadaman listrik bergilir (rolling black-out). Ini berarti beberapa tempat akan sangat menderita panas dan mungkin akan mengakibatkan memakan korban baru.

No comments: