Friday, April 21, 2006

Perpustakaan Rohnert Park (1)


Perpustakaan Rohnert Park
Originally uploaded by mlutfi.

Kata orang, untuk melihat majunya suatu negara
lihatlah fasilitas perpustakaannya. Amerika memang negara maju, tetapi
yang sangat membedakan kemajuannya dibanding negara berkembang seperti
Indonesia adalah fasilitas-fasilitas umum seperti perpustakaan, seperti
pada foto disamping.

Foto disamping diambil dari salah satu sudut front-desk perpustakaan di kota kecil Rohnert Park (5 mil dari Santa Rosa, CA). Fasilitas yang ada, selain furnitur yang wah dan nyaman, juga fasilitas broadband gratis untuk anggota (yang juga gratis) serta Wi-Fi. Hampir setiap meja belajar disediakan outlet listrik untuk laptop, juga konektor RJ45 (ethernet) untuk komunikasi Internet. Selain itu, seluruh sudut perpustakaan dijangkau wireless broadband.

Koleksi bukunya cukup lengkap. Jika buku yang dicari tidak berada di perpustakaan tersebut, sistem komputer perpustakaan akan memberikan alternatif perpustakaan mana (di dalam jangkauan Sonoma County, bahkan se California) buku tersebut dapat dipinjam. Jika buku berada di dalam jaringan Sonoma County, buku dapat di'hold'/direservasi saat tersedia.

Jika buku telah tersedia untuk dipinjan, sistem telepon otomatis akan memanggil telpon kita dan meninggalkan pesan bahwa buku tersebut dapat dipinjam mulai tanggal tersebut.

Pojok anak-anak sangat menarik. Selain buku-buku bacaaan, juga komputer multimedia dengan headset tersedia secara gratis bagi anak-anak untuk bermain permainan edukatif. Selain itu, terdapat pula ruang audiotorium untuk pementasan drama dan seni, umumnya untuk anak-anak. Beginilah seharusnya uang pajak disalurkan. Dari rakyat, untuk rakyat dan oleh rakyat.



Lihat koleksi foto2 lainnya di blog ini untuk lebih detil.

No comments: