Thursday, November 03, 2005

Penyakit-penyakit Baru

Terakhir-akhir ini lagi ramai dan tegangnya dunia dengan merebaknya flu burung (Avian Influenza). Bahkan berita dari AFP menyatakan bahwa pandemi ini akan berdampak dengan resesi global dunia dan menyebabkan kerugian 283 milyar USD di negara-negara Asia. Sumber berita lain menyatakan bahwa flu ini telah memakan korban 2 juta orang di seluruh dunia.

Betapa menakutkan kehidupan akhir-akhir ini. Tangan Tuhan dengan kekuasannya, hanya dengan mengirimkan beberapa penyakit baru telah menyebabkan kematian jutaan umat manusia. Dari virus AIDS, lalu muncul virus SARS, muncul kembalinya variant bakteri TBC, lalu Malaria dan terakhir virus AF (Avian Flu) mungkin menyebabkan kita berpikir kembali, mengapa penyakit-penyakit ini muncul kembali?

Secara ilmiah, para saintis (mungkin) berdalih bahwa makin majunya ilmu kedokteran menyebabkan makin kuatnya species-species patogen. Mungkin ada benarnya 'survival of the fittest' dari Darwin dalam soal ini.

Tetapi kita juga harus ingat, semuanya ini adalah karena kekuasaan Allah SWT semata. Kalau tidak salah, dalam suatu hadits disabdakan oleh Nabi tentang salah satu tanda-tanda kecil akhir zaman/kiamat, yaitu munculnya penyakit-penyakit yang tidak pernah ada sebelumnya di muka bumi ini.

Astaghfirullah.

1 comment:

za said...

Kunjungan kali pertama, mas Lutfi. Salam.....